Habis UN Mau Kemana

Habis Un Mau Kemana?

Puji syukur bahwa UN (Ujian Nasional) sudah berlalu. Apakah kamu sekarang sedang deg-deg an menunggu hasilnya? Wajar sih untuk deg-deg an, ketakutan tidak lulus UN selalu membayang, terutama untuk yang merasa kurang mempersiapkan diri. Tapi kalau kamu sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN, tentu perasaan khawatir bisa teredam sedikit.

Nah, justru yang harus kamu pikirkan adalah mau kemana atau mau ngapain setelah UN? Mau kerja kah? Mau usaha kah? Atau mau kuliah kah?

Khusus kamu yang memilih untuk kuliah setelah UN, maka pertanyaan setelahnya adalah ‘Mau Kuliah Kemana?’

Kalau kamu sadari, pertarungan sebenarnya adalah perebutan kursi di perguruan tinggi. Jaman sekarang memperebutkan kursi di perguruan tinggi ketat sekali, untuk universitas favorit, fakultas favorit, dan jurusan favorit, perbandingannya bisa 1:100, artinya untuk mendapatkan kursi, kamu harus mengalahkan seratus orang!

Horor juga ya!

Nah, tapi nih sebelum bertarung memperebutkan kursi di perguruan tinggi, kamu harus tahu dulu mau kuliah kemana. Kamu harus menentukan dengan matang, di universitas mana kamu ingin menempuh Pendidikan lebih tinggi. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa kamu pakai sebelum memilih kampus.

  1. Mau masuk jurusan apa?

Ingin masuk jurusan mana juga harus jadi pertimbangan utama karena tak sedikt loh yang pindah jurusan di semester 2, 3, 4 dst hanya karena merasa salah jurusan. Kalau kamu suka belajar bisnis kuliner ketika di SMA, maka kamu bisa masuk jurusan perhotelan di Politeknik Kent Bogor.

  1. Mau jadi apa?

Nah, kalau cita-cita kamu mau jadi pebisnis kuliner makanan ya masuklah jurusan perhotelan. Kalau mau jadi ahli IT yang masuklah jurusan teknik komputer. Pilihan jurusan sesuai passion-mu akan membuat kuliahmu menjadi lebih mudah ke depannya, karena kamu cenderung menyenangi apa yang kamu pilih dan akan melakukan segalanya dengan hati riang.

  1. Mmm, budget kuliah?

Nah, satu hal lagi yang perlu jadi pertimbangan, yakni budget kuliah. Misalkan kamu ingin sekali jadi ahli komputer, tapi ternyata keadaan orang tua tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah mu, maka kamu harus memikirkan alternatif lain.

Program diploma 3 dan program satu tahun  adalah alternatif yang biaya kuliah tidak terlalu mencekik leher.

Nah, kalau sudah melakukan hal 3 hal di atas, dan kamu pun sudah tahu jurusan apa yang ingin kamu masuki, kamu ingin belajar apa, kamu ingin menjadi apa, sekarang saatnya mencari kampus yang menyediakan jurusan yang kamu mau

Politeknik Kent Bogor Membuka Pendaftaran untuk kelas reguler dan kelas karyawan

WhatsApp chat